Travel Haji Umroh akan memberikan pelayanan baik

Perbedaan Antara Haji Biasa (Reguler) dengan Haji Plus (Khusus)

Setiap tahun minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji terus meningkat, tapi sayangnya kuota keberangkatan dibatasi. Karena negara Indonesia sudah menjadi negara yang paling banyak mengirim jamaah haji dari setiap tahun ke tahun berikutnya.

Terbatasnya kuota untuk keberangkatan tentu saja menjadi masalah tersendiri bagi pemerintah. Akan tetapi ada dua alternatif yang bisa anda ambil yakni dengan melaksanakan ibadah umrah saja dan yang kedua menggunakan program haji plus.

Banyak muncul pertanyaan dari kalangan masyarakat apa itu haji plus dan apa perbedaannya dengan haji biasa (reguler). Seperti apa sih travel haji plus yang bagus? Yuk simak selengkapnya.

Pihak Penyelenggara

Haji biasa (reguler) diselenggarakan langsung oleh pemerintah yakni Kementrian Agama Indonesia. Sedangkan untuk haji plus penyelenggaranya adalah pihak swasta yang meliputi semua pengelolaan, pembiayaan, pelayanan khusus. Tentu saja penyelenggara atas izin pemerintah.

Biaya

Biaya untuk haji reguler tentu saja lebih murah dan juga dikenal dengan BPIH yang ditetapkan langsung secara khusus oleh Presiden melalui Kepres. Berbeda dengan biaya haji plus yang jauh lebih mahal hingga mencapai dua kali lipat biaya haji biasa. Semuanya tergantung pada pihak penyelenggara serta berapa lama jamaah akan berada di tanah suci.

Daftar Tunggu Keberangkatan

Pada haji biasa (reguler) memiliki masa tunggu yang lebih lama dan juga tergantung dari jumlah calon jamaah dari daerah masing-masing. Murahnya biaya haji biasa tentu saja menarik minat masyarakat lebih banyak untuk berangkat ibadah haji. Wilayah yang memiliki banyak peminat biasanya akan lebih lama diberangkatkan bahkan hingga 10-15 tahun.

Berbeda dengan haji plus yang biasanya lebih cepat dan rentang waktu tunggunya kira-kira 1-5 tahun bahkan bisa lebih cepat.

Penginapan

Hotel atau penginapan haji biasa (reguler) disediakan oleh pemerintah dan dibagi sesuai dengan wilayah dan juga kloter. Jarak dari hotel ke Masjidil Haram biasanya cukup jauh hingga 3.3 Km, tapi tenang saja pemerintah juga sudah menyediakan transportasi antar jemput selama 24 jam pada saat musim haji. Jika di Madinah jarak hotel dengan Masjid Nabawi sangat dekat 100-200 meter.

Untuk haji plus biasanya mendapatkan hotel atau penginapan yang terdekat dengan masjid dan tidak hanya itu pilihan hotelnya juga banyak sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *