atap spandek

Atap Spandek Itu Apa Sih? Yuk Cari Tahu

Pokok utama dari sebuah bangunan maupun rumah adalah atap. Akhir-akhir ini, pemanfaatan material atap berupa spandek menjadi sebuah trend dan sangat digemari. Apakah Anda salah satunya? Atap ini sendiri digunakan untuk menggantikan posisi genteng sebagai atap tanah liat yang terkesan lebih kuno.

Definisi Singkat Mengenai Atap Spandek

Mungkin, atap spandek bukan lagi hal baru bagi Anda, terlebih jika Anda adalah seorang pebisnis material bangunan ataupun memiliki profesi di bagian arsitektur. Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan atap spandek? Dan perbedaannya dengan atap genteng biasa? Yuk simak ulasan selanjutnya.

Atap spandek sebenarnya sudah ada cukup lama, akan tetapi masyarakat pada umumnya baru menggunakan sekarang oleh beberapa hal tertentu. Bahkan, sekarang atap yang cukup populer di kalangan masyarakat. Atap spandek adalah salah satu tipe atap rumah atau bangunan yang terbentuk dari percampuran antara material aluminium dengan seng. Maka jangan heran, jika nantinya atap ini bisa saja menghadirkan suhu yang sedikit tidak menyenangkan.

Terbuat dari sekitar 55% bahan aluminium dan sekitar 43% bahan dasar seng serta selebihnya memakai bahan dasar silikon. Sehingga mampu menghasilkan atap spandek yang kuat, tahan lama, ringan, serta mudah untuk dibentuk sesuai keinginan. Kekuatan yang ditawarkan oleh atap ini sendiri merupakan suatu keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan dari atap jenis lain.

Perbedaan Atap Spandek Dengan Atap Genteng

Seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat akan atap spandek, kini telah dihadirkan banyak sekali varian warna yang bisa Anda pilih sesuai keinginan untuk rumah Anda. Meskipun atap spandek dan atap genteng memiliki fungsi yang sama yakni sebagai atap, namun keduanya tetap saja mempunyai perbedaan seperti berikut:

  • Atap spandek lebih ringan dibandingkan atap genteng yang berat.
  • Atap spandek lebih tipis, walaupun atap genteng tipis namun atap spandek jauh lebih tipis.
  • Atap spandek jauh lebih tahan lama dari pada atap genteng.
  • Atap spandek memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat sehingga tidak mudah pecah atau rusak.

Pada dasarnya, baik atap spandek maupun atap genteng mempunyai tugas yang sama sebagai pelindung bagian atas rumah Anda agar tidak kehujanan dan kepanasan. Akan tetapi, keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk itu, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan lebih dulu mana yang akan Anda pilih sebagai atap rumah Anda. Jangan asal menilai berdasarkan harga spandek atap saja, perhatikan juga aspek-aspek lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *