agar ASI berkualitas dan banyak

Tips agar ASI berkualitas dan banyak secara alami

Memiliki seorang bayi adalah hal yang paling membahagiakan bagi setiap pasangan. Umumnya setelah kelahiran seorang ibu akan memberikan ASI kepada bayinya. Ada wanita yang memiliki payudara besar ada juga yang kecil, namun tidak menjadi soal karena keduanya dirancang untuk memproduksi ASI agar ASI berkualitas dan banyak. Dua penyebab utama kenapa produksi ASI dianggap tidak lancar adalah masalah pelekatan yang tidak tepat dan jadwal menyusui yang kurang teratur. Tapi dua masalah ini bisa diatasi, karena yang perlu diketahui semua ibu menyusui adalah produksi ASI itu disesuaikan dengan permintaan atau kebutuhan bayi.

Jadi bila Anda ingin meningkatkan produksi ASI agar ASI berkualitas dan banyak, sering-seringlah menyusui, karena dengan begitu otak akan menganggap bayi butuh ASI banyak. Lalu otak akan memerintahkan hormon oksitosin untuk memproduksi ASI sebanyak yang dibutuhkan bayi. Anda tidak akan membuat anak menjadi manja dengan merespon kebutuhannya, dalam hal ini memberikan si kecil ASI sebanyak dan sesering yang ia minta. Banyak juga dari sebagian wanita atau ibu muda  terburu-buru untuk memberikan susu formula pada bayinya. Sebaiknya jangan terburu-buru karena ASI alamilah yang sangat baik bagi kebutuhan si bayi.  Nah anda bisa memperbanyak ASI Anda secara alami. Bagaimana caranya? Berikut adalah cara yang dapat dilakukan agar ASI banyak secara alami :

 

  1. Memijat Payudara

Pemijatan dilakukan dari bagian pangkal payudara, dengan cara menekan dinding payudara menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik lalu buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti bentuk obat nyamuk, lakukan hanya dari pangkal menuju puting dan bukan sebaliknya.

 

  1. Memompa ASI

Pompa ASI secara konsisten dan berkala di sela-sela waktu menyusui. Pompa masing-masing payudara setidaknya selama 10 menit. Perlu diketahui bahwa produksi ASI meningkat ketika pukul 2-5 pagi. Jika memungkinkan, pompa ASI dalam jam-jam tersebut.

 

  1. Jangan berhenti menyusui

Meskipun Anda merasa bahwa produksi ASI Anda sedikit, sekalipun jangan pernah berhenti menyusui selama anda mampu. Dengan terus rajin dan konsisten menyusui, hal tersebut akan merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Jangan lupa untuk menyusui menggunakan kedua payudara secara bergantian agar ASI berkualitas dan banyak.

 

  1. Ciptakan suasana yang tenang ketika menyusui

Bayi memang sangat sensitif dikarenakan memiliki indera pendengaran yang matang. Bayi akan terganggu ketika menyusui ketika ada suara bising yang terdengar. Dengan suasana yang tenang, bayi akan rileks sehingga bayi tetap menyusu dalam waktu yang lama atau bahkan hingga tertidur.

 

  1. Skin to skin nurse

Ketika menyusui, usahakan sesering mungkin kulit ibu bertemu dengan kulit bayi, atau kulit ibu dan bayi saling bersentuhan. Jangan menghalangi kulit dengan kain, baik itu kaos maupun bra. Demikian juga bayi, biarkan bayi hanya dalam keadaan memakai popok. Selain merangsang produksi ASI agar ASI berkualitas dan banyak, hal ini akan meningkatkan ikatan emosional antara ibu dan anak.

 

Demikian tips agar ASI berkualitas dan keluar banyak secara alami. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *