genteng metal pasir

Genteng Metal Seng, Genteng Tahan Banting

Dengan adanya atap, maka penghuni bangunan akan terhindar dari hujan dan cuaca panas. Ada banyak jenis bahan yang digunakan untuk genteng, seperti genteng metal pasir, beton, tanah liat hingga seng. Genteng metal dari seng merupakan jenis yang banyak disukai di Indonesia. Pasalnya, sifatnya yang fleksibel dan mudah untuk dibentuk. Bukan hanya itu saja, ada banyak kelebihan lainnya, seperti berikut ini.

Tahan korosi dan awet

Keunggulan utama dari genteng metal seng adalah kemampuannya akan zat – zat yang bersifat korosi sehingga awet digunakan dalam jangka waktu lama. Bahkan jika terkena goresan sekalipun, genteng seng bisa bertahan dari kerusakan. Bahkan goresan bisa hilang sendirinya lama kelamaan.

Tidak ketinggalan pula genteng metal seng akan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, baik hujan atau panas. Berbeda dengan genteng metal pasir. Bahkan akan sangat tangguh akan kerusakan akibat cuaca ekstrem sehingga perawatannya sangat mudah.

Ringan namun tidak mudah pecah

Berbeda dengan asbes, genteng metal seng memiliki berat yang lebih ringan dan mudah dalam proses pemasangan. Bahkan jika kejatuhan benda berat sekalipun, atap seng juga tidak akan rusak sehingga akan sangat awet. Dengan sifatnya yang lentur akan sangat mudah untuk disesuaikan dengan berbagai konsep bangunan.

Pemasangan lebih mudah

Bukan hanya disukai oleh masyarakat saja, genteng metal seng juga sangat disukai oleh tukang hingga arsitek. Pasalnya, pemasangannya sangat mudah dan sederhana, bahkan jika dipasangkan dengan kerangka kayu sekalipun. Hanya dengan menggunakan paku saja. Hal ini pastinya yang membuat pekerjaan instalasi akan lebih efisien dan bisa digunakan untuk mengerjakan hal lainnya.

Ramah akan lingkungan

Keunggulan lainnya yang dimiliki genteng metal seng adalah ramah akan lingkungan. Dalam memproduksi seng sendiri membutuhkan waktu yang lebih sedikit dibandingkan dengan pembuatan bahan metal yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan seng menggunakan titik leleh yang sangat rendah.

Bukan hanya itu saja, produksinya juga menggunakan energi yang minim. Bahkan penggunaan jangka panjang dari seng akan membuatnya berkontribusi dalam bangunan yang ramah lingkungan. Lain halnya dengan genteng metal pasir.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh genteng metal seng. Namun banyak juga yang menganggap bahwa seng mudah menghantarkan panas dan berisik. Namun dengan kelebihan di atas mungkin seng bisa menjadi pertimbangan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *