Kursi Rotan Untuk Di Teras

Kelebihan kursi rotan sebagai kursi teras

Kata rotan berasal dari bahasa melayu yaitu raut, yang berarti juga menguliti. Sedangkan dalam bahasa yunani rotan disebut sebagai Lepidocaryoideae yang berarti sekumpulan tanaman yang tumbuh memanjat. Rotan menjadi salah sumber daya alam Indonesia yang cukup banyak ketersediaannya. Kurang lebih 90% rotan Indonesia dihasilkan dari pertumbuhan alami di hutan-hutan tropis Indonesia, dan 10 % berasal dari budidaya rotan yang dilakukan masyarakat sendiri.

Rotan banyak digunakan untuk membuat mebel maupun kerajinan tangan karena karakteristik rotan sangat lekat dengan kesan klasik dan natural. Beberapa contoh mebel yang sering kita jumpai dan terbuat dari rotan diantaranya, kursi teras dari rotan, meja rotan teras, kursi goyang, kursi ayunan, tempat tidur dan lain sebagainya. Selain itu rotan juga dapat digunakan untuk menghasilkan kerajinan tangan yang lebih kecil seperti keranjang, vas bunga, kap lampu, pot gantung dan banyak bentuk lain yang digunakan sebagai ornamen dan penghias dinding.

Selain karena karakternya yang klasik dan natural, rotan sering digunakan pada perabot rumah yang ditempatkan di ruang terbuka karena memiliki sifat yang kokoh walaupun dengan perawatan yang minim. Dibandingkan bahan pembuatan mebel lain, seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu cedar, atau kayu pinus, rotan memiliki harga yang relatif lebih murah. Sehingga lebih diminati oleh para pengusaha mebel, karena dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan berbagai kalangan.

Salah satu mebel dengan bahan rotan yang sering kita jumpai adalah kursi rotan teras. Karena dibuat dengan cara dianyam maka kursi rotan teras biasanya akan memiliki rongga-rongga yang membuatnya mudah untuk dibersihkan walau ditempatkan di tempat terbuka sekalipun. Itulah kenapa kafe-kafe atau restoran-restoran yang mengusung tema natural banyak menggunakan kursi jenis rotan untuk menghias sudut ruangan mereka.

Beberapa kelebihan kursi rotan dibanding jenis mebel lain diantaranya adalah :

  1. Dapat dibentuk menjadi bentuk yang unik menyesuaikan tema ruangan yang diusung. Karena memiliki bentuk yang elastis, kursi rotan memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk dibentuk sesuai kebutuhan konsumen.
  2. Memiliki berat yang ringan, sehingga sangat memudahkan pemilik kafe atau restoran untuk melakukan penataan ruangan ulang untuk menghindari kebosanan pelanggan
  3. Tahan terhadap cuaca yang ekstrim, sehingga kursi rotan banyak di tempatkan di ruang-ruang terbuka seperti teras, balkon. Karena memiliki rongga pada anyamannya, maka kursi rotan akan mudah dikeringkan ketika basah maupun ketika terkena cahaya matahari kursi rotan tidak mudah menyerap panas, sehingga tetap nyaman saat digunakan
  4. Memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding mebel lain
  5. Bagi para pengrajin sendiri, pembuatan kursi berbahan dasar rotan relatif lebih mudah dibandingkan membuat mebel dengan bahan dasar kayu
  6. Untuk kursi rotan berbahan sintetis, maka pilihan warna yang ditawarkan lebih beragam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *