Online learning untuk perusahaan juga sudah dimanfaatkan

Online learning membuat proses belajar menjadi mudah

Seiring berkembangnya teknologi, kini proses belajar suatu skill pun dapat dilakukan melalui media online, tidak perlu lagi melakukan tatap muka langsung antara guru dan murid. Kesibukan masyarakat dalam bekerja maupun mengurus rumah tangga menjadi salah satu alasan mengapa online learning saat ini marak digemari masyarakat. Bahkan di dunia bisnis, e-learning di perusahaan sudah menjadi tren. Ini karena proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Biasanya penyedia jasa akan memberikan kisi-kisi materi yang akan diajarkan secara free, sehingga orang yang akan belajar tahu hal apa yang akan ia pelajari. Tak jarang penyedia jasa akan memberikan bahan pelajaran secara free untuk beberapa materi awal, untuk menarik daya tarik calon murid,  baru setelah beberapa materi diberikan secara gratis maka untuk lanjut ke tahap selanjutnya biasanya perlu melakukan subscription dengan membayar berupa nominal tertentu. Hal ini dilakukan agar penyedia jasa dapat terus menghasilkan karya yang bermanfaat untuk orang lain.

Untuk mendukung proses belajar, beberapa penyedia jasa juga memberikan sertifikat atau semacam ijazah non formal bagi murid-muridnya yang mengikuti online learning tersebut. Agar murid yang mengikuti kursus online tersebut dapat memasukkan ijazah non formal tersebut ke dalam portofolio yang dapat diikutsertakan dalam curriculum vitae yang dapat meningkatkan nilai jual dalam persaingan di dunia kerja dewasa ini. Cakupan pelajaran yang ditawarkan pun cukup luas, dengan tidak membatasi background pendidikan formal calon murid didik. Sehingga kita bisa memilih bahan belajar secara bebas sesuai dengan minat belajar kita, tidak seperti dunia pendidikan formal yang terbatas pada bidang-bidang tertentu yang memiliki cakupan pelajaran yang sempit. Hal ini tentu mempermudah kita karena belajar sesuatu yang kita sukai akan membuat kita lebih mudah dalam menangkap bahan yang dipelajari.

Nilai lebih lainnya lagi adalah kita bisa bebas mengatur waktu sesuai waktu yang kita inginkan. Sehingga tidak seperti pendidikan formal yang mengharuskan kita datang di jam-jam yang sudah ditentukan dengan materi yang ingin dipelajari serta tidak bisa melakukan pengulangan pelajaran karena proses belajar dilakukan secara bersama-sama dengan waktu yang terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *