energi elektrik pada alat Roller Grill oven

Memahami tentang Electric Convention

Dalam memenuhi kebutuhan, setiap mahkluk hidup pasti membutuhkan energi yang merupakan sumber utama untuk semua kegiatan yang  dilakukan. Electric Convention dapat diartikan sebagai sifat dan bentuk energi sebagai kemampuan untuk melakukan kerja. Hal tersebut terdapat perbedaan dengan fungsinya, seperti energi kinetic, termal, potensial, kimia, nuklir, energi elektromagnetik dan listrik.

Sekilas tentang Electric Convention

Pada dasarnya sifat dan bentuk energi dapat dikonversikan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Energi kalor atau panas pada suatu benda dipicu dari gesekan benda yang berupa energi kinetik sehingga terjadinya aliran listrik (energi listrik).

Electric Convention adalah sebuah proses konversi energi secara langsung, sementara untuk nergi listrik generator berasal dari energi termis diantara lain, energi dari minyak, dan batu bara yang dibakar. Energi termis tersebut dirubah sebagai energi kinetik yang terdapat pada motor bakar dan turbin sehingga generator  secara tidak langsung diubah menjadi energi listrik. Contoh penerapan electric convention oven dalam kehidupan sehari-hari adalah pada oven yang digunakan untuk memanggang.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi energi manusia diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok, diantaranya kelompok pemakaian industri, pembangkit listrik, komersial, transportasi dan rumah tangga. Konvensi elektrik memiliki keunggulan daripada energi yang lain seperti, mudah disalurkan, mudah disalurkan ke daerah yang luas dan mudah diubah dalam bentuk energi lain, seperti tenaga mekanik dan energi panas.

Penggunaan Electric Convention

Adapun penggunaan electric convention adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan cahaya

Apabila sepotong kawat logam pada sebuah lampu Bunsen atau lampu tempel dipanaskan, maka kawat tersebut dalam waktu singkat akanmenghasilkan cahaya merah dan bersinar.

  1. Menghasilkan panas

Peralatan listrik banyak dijumpai pada rumah tangga dan sebagiannya bisa menghasilkan panas. Saat listrik mengalir lewat kawat kecil dan menjadi panas. Peralatan listrik tersebut seperti ketel listrik untuk memanaskan air, kompor listrik dan lain sebagainya.

  1. Menghasilkan bunyi

Saat melakukan pembicaraan melalui telepon maka suara tersebut diubah ke bentuk lisrik yang dikenal dengan mikropon. Mikropon tersebut sering dipakai dalam stasiun pemancar agar bisa mengubah musik maupun pembicaraan ke dalam bentuk aliran listrik yang dapat disiarkan.

  1. Menghasilkan gesekan

Terkadang saat menggerakkan mesin di dalam bengkel industri semuanya bergantung terhadap motor-motor listrik. Penggunaan di rumah tangga dengan motor listrik  seperti jam listrik dan kipas angin.

Aplikasi electric convention dalam kehidupan sehari-hari seperti pada oven dapur tentunya bermanfaat dalam mengoptimalkan kerja pemanggangan. Contoh oven yang menerapkan electric convention dengan tepat adalah oven merk Roller Grill oven.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *